Instal SIAK 2.2 (Bagian 1 dari 4 tulisan)

 

Bagian 1 : Pendahuluan

Mungkin saya terlalu ‘berani’ untuk menulis artikel ini. Tapi sudahlah, benar tidaknya, boleh enggaknya, halal haramnya, biar anda sendiri yang tentukan. Hal terpenting adalah saya ingin berbagi. Titik, end of story.

Oke kita mulai. Sebelum menginstal SIAK pastikan anda telah menyiapkan hal-hal berikut:

  • CD instalasi Oracle
  • File dump (.dmp) SIAK 2.2
  • Aplikasi SIAK 2.2
  • Apache 2.2
  • PHP 5
  • Zend Optimizer 3.2.6
  • Serial number Aplikasi SIAK

Sekarang kita bahas satu per satu:

 

CD instalasi Oracle

Oracle yang digunakan adalah Oracle9i Release 2 (9.2.0.1.0) for Windows. Oracle SiakAppInstallernya terdiri dari 3 (tiga) CD. Untuk versi Oracle yang lain saya tidak tahu. Jika sudah ada yang mencoba dengan versi Oracle yang lain boleh sharing di sini.

 

File dump (.dmp) SIAK 2.2

SIAK versi 2.2 menambahkan beberapa tabel baru ke dalam database untuk mendukung fungsionalitasnya. Dengan kata lain, untuk menjalankan SIAK versi 2.2 kita tidak dapat menggunakan skema database yang lama.

 

Aplikasi SIAK 2.2

SiakApp Siak2.2SIAK versi 2.2 tertanggal November 2010. Terus terang karena belum menggunakan SIAK saya tidak tahu jelas perbedaannya dengan versi-versi sebelumnya, baik fitur-fitur baru yang ditambahkan maupun fitur-fitur lama yang diperbaiki.

 

Apache 2.2

Kita tidak perlu menginstal Apache dari awal. Cukup dengan meng-copy satu folder utuh folder ‘Apache2.2’ di C:\ kita telah memiliki sebuah web server. Hal yang perlu dilakukan hanyalah menambahkan service di Windows yang akan menjalankan apache secara otomatis saat startup.

 

PHP & Zend Optimizer

Versi PHP yang digunakan adalah PHP 5.2.9, sedangkan versi Zend Optimizer yang dipakai adalah versi 3.2.6. Sebagaimana apache 2.2, Baik PHP maupun Zend Optimizer juga cukup di copy secara utuh dari folder ‘php5’ dan ‘ZendOptimizer-3.2.6’ di C:\.

 

Serial number Aplikasi SIAK

Inilah hal terpenting dari aplikasi SIAK. SIAK meminta serial number yang khas untuk tiap-tiap CPU, yang artinya serial number yang anda miliki untuk sebuah CPU tidak dapat digunakan di CPU lain. Serial number ini diletakkan pada file ‘wni.txt’ di folder ‘C:\SiakApp\web’. Selalu backup-lah file ‘wni.txt’ tersebut. Untuk berjaga-jaga!

Oke, dengan kata lain tutorial ini hanya bisa dilakukan di komputer yang telah diinstal SIAK oleh tim Depdagri ;( di mana terdapat file ‘wni.txt’ di dalamnya. Beberapa rekan nampaknya ada yang memiliki laptop yang telah diinstal aplikasi SIAK versi sebelumnya, tentunya anda dapat mempraktekkan tutorial ini di laptop tersebut.

 

Disclaimer

Backuplah komputer anda sebelum mencoba tutorial ini. Backuplah image drive C:\ (Jika sistem operasi diinstal di C:\) serta buatlah dump file database anda. Saya tidak bertanggung jawab atas hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi.

Categories:

14 Responses so far.

  1. Anonymous says:

    terimakasih kawan. alankah lebih baik kalo kita kerjassama. nambahin kalo mu di instal d pc lain tinggal di crack aja.

  2. Anonymous says:

    CARA CRACKNYA GIMANA YAh. mohon pencerahannya

  3. vcod says:

    Bang admin, ini software/aplikasi apaan yak?
    Cari crack-an??banyak kalee di internet..

  4. amanyauna says:

    @vcod : ini aplikasi yang dipake oleh Depdagri untuk Kantor Kecamatan. Gunanya buat bikin KTP/KK

  5. gimana cara cracknya untuk yang versi 2.2 pak ...

  6. Anonymous says:

    yang saya tahu aplikasi SIAK, itu ekslusif, sampe ekslusifnya cara Installnya tidak boleh semua orang tau. dan installnya saja dilakukan harus malem hari. (knapa ga skalian harus malem jumat kliwon). dan saya akui anda berani banget. jujur aja ada temenku yang dapet CD installer SIAK udah dilaporin polisi.

  7. joni garang says:

    masa pengen bisa istall siak sendiri aja sampe dilaporin polisi? emang klw aplikasi SIAK di daerah rusak, pusat mau tanggung jawab? biaya, transport dsb? asal tau aja, pelayanan KTP brenti 1-2 hari aja masy udah pada ribut. lha klw selalu nunggu pusat bisa berabe.. jgn bikin perangkat di daerah jd apriori dong. gw pernah denger ada yg bilang gini.. "halah, sekarang ini era otonomi, SIAK itu proyeknya pusat. nyusahin orang aja. kita bisa koq cetak KTP sendiri tanpa SIAK..". ayo, Klw mau cari Admin SIAK yg nurut dan gampang dikibulin, udah nyari kebo aja bwt jadi Admin..

  8. Anonymous says:

    hahahaha abang Joni kayak ga pernah lahir di Indonesia. yang aku tau proyek SIAK pertama kali itu taon 2002.dan itu melibatkan programmer dari India. menggunakan Bea Web Logic, programmingnya pake JSP. dan hasilnya gagal. pi pemerintah masih ngotot melanjutkan proyek gagal tersebut skr udah diganti pake php pake framework symfony yang di encript.Asal tau knapa pemerintah ngotot karena udah menghabiskan dana Trilyunan dan blom ada mencium adanya korupsi di sini. Pdahal kalo tau aplikasi ini sebenrnya juga ga layak untuk diedarkan. dan mungkin saya yakin kalo bang Joni bikin aplikasi ini akan lebih baek dari pada SIAK. heheheheh

  9. klo para admin pada ngumpul, saling bertukar senjata pamungkas..sebagian besar pada ADB sudah bisa meng-install SIAK versi 2.. karna crack nya udah muncul sndiri waktu siak web di jalankan..ada yg sudah bisa versi 3 nya..

  10. Anonymous says:

    halah....
    pake yg opensource lebih murah,
    kalo pake yg made in gov, selalu bermasalah..
    buat gov, yg penting nilai proyeknya, bkn manfaatnya buat masyarakat
    gue pake excel, lancar jaya
    hahahahahahaa......

  11. Anonymous says:

    Sesama admin boleh lah saling share...., kalau bisa jangan di upload master aplikasi siakx, bisa bahaya kalau yg digunakan orang yg tidak bertanggung jawab....salam kenal aja....

  12. amanyauna says:

    it's encrypted with strong password, so nothing to worry about ;)

  13. Anonymous says:

    aplikasi siak bisa di buka..tapi ketika membuka/edit/cetak hasilnya jadi lelet kadang erorr..pencerahnya bang..

  14. ribet SIAK banyak rahasianya,,, sampe2 staf boongin bosnya. napa sich siap tu ga di buat baku aja sich, ko hrs opensource, banyak biaya hanya tuk siak aja, sejak 2002 sampe skrg data jga blm valid ko

Leave a Reply