Setting Printer LQ-2180 Untuk siak 2.2

Pertama kali megang Siak, baru tahu kalo filenya pdf. Hehe baguslah jadi bisa disimpan. Persoalan selanjutnya adalah setting printernya. Dengan menggunakan file pdf pencetakan KK tidak harus menggunakan printer landscape macam LQ-2180, cukup dengan printer LQ-300 juga sudah bisa, cuma memang blangko KK nggak bisa continous.

Oke, sekarang belajar ngeprint make LQ-2180. Pertama lihat ukuran kertas di pdf. Hehm ternyata A4, jadilah ukuran kertasnya disetting ke A4. Apa yang terjadi? Orientasinya jadi aneh, ngeprint bukan dari atas tapi dari samping, haduuuuh! Dicoba ganti ke landscape, tetap saja (padahal di PDF sudah auto rotate and center yang artinya: PDF akan otomatis menyesuaikan orientasi kertas di printer).

Percobaan ke-2. Percobaan pertama gagal total maka percobaan ke-2 kertasnya diganti bukan A4 lagi melainkan A4 rotated. Bagaimana hasilnya? SUKSES tapi orientasi harus portrait lho! Nah masalah kembali muncul. Ternyata setelah mencetak beberapa kali, cetakan semakin naik dan naik, gambar GARUDA pun menjadi korban, wadhuuuh! Usut punya usut setelah diukur pake penggaris dapat nemu yang milimeternya udah nggak karuan, hehe, ternyata blangko KK ini ukurannya ajaib:

A4               : 210 mm x 297 mm

F4                : 215 mm x 330 mm

Blangko KK  : 215 mm x 297 mm

Berarti ukuran kertas harus custom size alias buat kertas dewek. Tapi bagaimana caranya. Jadilah mbah gugel sebagai korban dan ALHAMDULILLAH ketemu. Setelah diaplikasikan, eng ing eng BERHASIL!!! Dicoba untuk cetak lima blangko bagus, enam blangko bagus, tujuh blangko bagus…tapi tapi tunggu dulu, kalau diperhatikan kok masih naik ya, walaupun sedikiiiiiiiiiiiiiit banget. Otak dipaksa bekerja keras, dan setelah begitu lama (bukan lama mikirnya tapi lama istirahatnya plus cari makan siang dulu :) ketahuan kalo permasalahan ada dilipatan kertas. Ternyata di setiap lipatan kertas (tiap dua blangko) ada jarak sekitar 2 mm yang membuat setting menjadi tidak presisi. Solusinya ukuran blangko diubah menjadi:

Blangko KK  : 216 mm x 297 mm

Mau tahu caranya? Jama’ah oooooh jama’ah (halah ngelantur) :

1. Buka Control Panel –> Printers and Faxes

2. Dari menu File pilih item Server Properties

setting printer lq 2180 siak 2.2 siakdb siakoff

3. Buatlah kertas baru, namai dengan Blangko KK akhiri dengan menekan tombol Save Form

setting printer LQ-2180 siak 2.2 siakdb siakoff 

4. Klik kanan pada printer LQ-2180 pilih Properties->Device Settings. Pilih Blangko KK untuk semua item (4 buah item) Form to Tray Assignment (Gambar di bawah ini adalah properties printer sharing sehingga tidak bisa diubah, untuk mengubahnya ubah di komputer asalnya)

setting printer LQ-2180 siak 2.2 siakdb siakoff

5. Pastikan ketika hendak mencetak, pilihan kertasnya adalah

Orientasi          : Portrait

Ukuran kertas : Blangko KK (lewat tombol Advanded->Paper Size kalo di LQ-2180)

Categories: ,

5 Responses so far.

  1. Anonymous says:

    Ada yang lebih simple, Pada menu cetak contreng auto rotate;kosongkan choose paper source by pdf paper size;pilin paper scaling shrink to printable area ;pilih printer property kemudian pilih kertas type fanfold 8 1/2" X 11"; orientasi landscape.Kemudian OK semua. siap cetak.

  2. Anonymous says:

    untuk lq 2190 ada option tambahan; pada device property pilih max print area

  3. Unknown says:

    Mau tanya kalo habis setting custom kertas terus direstart kok hilang ya yg settingan custom nya tadi..itu masalah nya dimana ya..

  4. Masalah saya sama nih dengan mas Yustinus, mohon pencerahan gan

  5. Noeng says:

    Udh... ttp g bisa
    T.T

Leave a Reply