Tabel untuk Laporan Kependudukan

tabel biodata_wni siak siakapp siakdb siak 2.2Biasa membuat laporan kependudukan. Hehm, sama! Trus kalo ada yang minta data bulan-bulan sebelumnya? Ya kasih saja laporan bulan yang diinginkan. Hehm, sama! Lah kalo mintanya laporan dengan informasi berbeda, misal range umur yang tidak biasanya dibuat gimana? Ya import dump yang lama trus buat laporannya! Hehm, maaf TIDAK SAMA! Mengimport dump oracle hanya untuk alasan membuat laporan adalah HARAM, dan itu adalah fatwa MOI alias Majelis Oracle Indonesia yang anggotanya terdiri dari para ADB se-Indonesia yang bingung dan mbingungi, hehe becanda!

Ada cara yang lebih mudah untuk membuat laporan kependudukan, yaitu setiap tanggal 1, baik otomatis lewat schedule ataupun manual, buat copy dari tabel biodata_wni dan data_keluarga. Nah caranya gimana?

create table a5_biodata_wni_nopember as select * from biodata_wni;
create table a5_data_keluarga_nopember as select * from data_keluarga;
commit;

What the f**k! Proses pembuatan tabelnya cepat bangeeeeeeeeeeeetttzz! Nah tugas selanjutnya adalah menggunakan dua tabel ini untuk pembuatan laporan kependudukan. Jadi kalo ada yang minta laporan sing nyleneh-nyleneh tapi bulan mei yang lalu, gunakan saja tabel yang sesuai.

Kenapa a5_? Alasannya sederhana. Untuk aplikasi yang sekelas Siak ini, jumlah tabelnya terlalu banyak, mbuh fungsi masing-masing tabel buat apa, banyak yang kosong! Nah dengan menambahkan a5_ di depan nama tabel, saya memastikan bahwa tabel saya diletakkan di urutan teratas di daftar tabel pada TOAD. Hehe simple yet useful trick, isn’t it!

Categories: , ,

Leave a Reply