Otomatisasi Pembuatan Tabel Laporan

Kalau sebelumnya sudah bisa membuat tabel untuk laporan kependudukan menggunakan perintah
create table nama_tabel_baru as select * from nama_tabel_lama

maka sekarang saatnya menjadikannya otomatis (hehm, otomatisasi adalah kata yang menyenangkan. Bayangkan kalo bernafas itu tidak otomatis, matek aku :)

Untuk mengotomatiskan eksekusi suatu query maka saya menggunakan sqlplus yang langsung menjalankan query tersebut ketika dipanggil lewat command prompt, lalu untuk mengotomatiskan waktu eksekusinya saya menggunakan scheduled task. Diperlukan dua file untuk mengeksekusi query, file pertama adalah file batch dan file kedua adalah file yang berisi query yang hendak dieksekusi.

File Batch

Berikut adalah isi file batch yang saya gunakan:

@Echo Off
set HOME=C:\simpleTools\BuatTabelLaporan
Set YYYY-MM-DD=%DATE:~6,4%_%DATE:~3,2%

sqlplus siakoff/passwordnyaapa@siakdb @%HOME%\buattabellaporan.sql %YYYY-MM-DD%


Dari sini terlihat bahwa ketika dijalankan, sqlplus akan dipanggil untuk kemudian menjalankan file buattabellaporan.sql di folder %HOME% yang didefinisikan di C:\simpleTools\BuatTabelLaporan. Parameter yang dilewatkan adalah tahun dan bulan dalam format yyyy_mm yang akan digunakan dalam penamaan tabel.



File Query



Berikut adalah isi file query yang saya gunakan (file harus diberi nama buattabellaporan.sql dan diletakkan di C:\simpleTools\BuatTabelLaporan sebagaimana didefinisikan di file batch):


image



create table A5_BIODATA_WNI_LAP_&1 as select * from BIODATA_WNI;
create table A5_DATA_KELUARGA_LAP_&1 as select * from DATA_KELUARGA;
commit;

exit;


Parameter yang dilewatkan (&1) adalah tahun dan bulan sehingga nama tabel yang akan tercipta berformat a5_biodata_wni_lap_yyyy_mm, contoh a5_biodata_wni_lap_2012_02. Horeeeeeeeee!



Scheduled Task



Bagaimana cara mengotomatiskan waktu eksekusinya? Gunakan Scheduled Task! Caranya? Baca di http://adminsiak.blogspot.com/2011/10/backup-tmppdf-dengan-sitebe.html

Categories: ,

5 Responses so far.

  1. ADB Jepara says:

    Semakin banyak tabel pengaruh ke performa oracle dan ukuran tablespace ga???seberapa besar pertumbuhan table space ?

  2. amanyauna says:

    Semakin banyak tabel bisa berpengaruh bisa juga tidak, tergantung ukuran tabelnya dan seberapa sering makenya. Kalo tabel laporan kan gak sering2 makenya.

    Ke tablespace jelas nambah ukurannya, tapi mungkin gak terlihat di ukuran datafilenya karena ukuran datafile udah disetel lebih gede dari gede keseluruhan tabelnya.

    Mungkin perlu dibuatkan tablespace khusus buat tabel-tabel laporan. Coba lain kali saya ujicoba dulu :)

  3. Anonymous says:

    Mas, tny seputar Upgrade NID Scheduller version 3, saat saya install NID ver. 3, kok berhenti di "running database script...", itu kenapa ya?solusinya gmn mas?

  4. amanyauna says:

    sorry, gak pernah utak-atik server ektp, jadi tidak tahu ;)

  5. Unknown says:

    mau nanya cara memper baiki Suplemen Enrol masa berlaku nya habis ......

Leave a Reply