Menginstall SIAK di drive D:\

Maksud tutorial ini adalah memindahkan aplikasi SIAK dari C:\SiakApp ke partisi lain, misalnya D:\SiakApp atau E:\SiakApp. Tujuan dari dipindahnya aplikasi SIAK adalah untuk meningkatkan performa aplikasi serta langkah antisipasi jika drive C:\ yang digunakan oleh sistem operasi mengalami kerusakan yang mengakibatkan file foto serta tanda tangan penduduk hilang atau rusak. Performa dapat ditingkatkan jika SiakApp dipindahkan ke partisi lain dalam harddisk yang berbeda dengan harddisk milik partisi C:\ (sistem operasi).

Cara yang digunakan adalah dengan menggunakan fitur symbolic link milik file system NTFS.

Makanan apa sih symbolic link itu? A symbolic link (also symlink or soft link) is a special type of file that contains a reference to another file or directory in the form of an absolute or relative path and that affects pathname resolution, yang artinya terjemahkan sendiri! Jadi apa yang kita lakukan disini adalah ‘menipu’ apache. Secara kasat mata, bagi apache SiakApp selalu ada di C:\SiakApp walaupun sebenarnya dengan apa yang akan kita lakukan, SiakApp bisa saja diletakkan dimana saja; di bawah meja, di dalam laci kepala dinas atau di dalam dompet TIPIS ADB ;) Diakses lewat Windows Explorer-pun, SiakApp tetap ada di C:\SiakApp. Diakses lewat command prompt-pun hasilnya tetap sama. Dengan kata lain tidak ada efek samping dari tutorial ini kecuali bahwa anda diajari cara MENIPU, hehe. Lanjuuuut gan!

Udah gak usah kebanyakan ngomong, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:Siak, Siak2AFIS, Siak2DP4, Hardlink Shell Extension

1. Pastikan service Apache telah dimatikan (lewat services.msc)

2. Installah Link Shell Extension (http://schinagl.priv.at/nt/hardlinkshellext/hardlinkshellext.html) di server SIAK

3.  Copy-paste-kan Folder C:\SiakApp ke D:\ atau partisi lain yang diinginkan. Pastikan ukuran partisi ini cukup untuk menampung foto, tanda tangan serta file-file PDF hasil yang Siak, Siak2AFIS, Siak2DP4, Hardlink Shell Extensiondihasilkan oleh SIAK ke depannya. Agar optimal, gunakan partisi di harddisk yang berbeda dengan yang digunakan oleh sistem operasi.

4. Setelah proses paste selesai dilakukan. Klik kanan pada folder D:\SiakApp lalu pilihlah menu Pick Link Source. Pada gambar, saya menaruh SiakApp di drive J:\, karena drive ini berbeda harddisknya dengan harddisk yang digunakan oleh sistem operasi sehingga setiap harddisk memiliki tugasnya sendiri-sendiri. Harddisk pertama mSiak, Siak2AFIS, Siak2DP4, Hardlink Shell Extensionengurusi sistem operasi serta virtual memory sedangkan harddisk kedua mengurusi SiakApp serta Oracle. Jika memiliki tiga harddisk, tentu saja anda bisa menginstal Oracle di harddisk ketiga tersebut. Sehingga setiap harddisk memiliki peranan masing-masing.

5. Klik kanan pada drive C:\, lalu pilihlah menu Drop As –> Junction. Ha ha ha, jangan lihat menu smadavnya. Ini di komputer saya sendiri, bukan di server. Saya tidak install smadav di Server produksi ;)

Siak, Siak2AFIS, Siak2DP4, Hardlink Shell Extension 6. Jika sukses, anda akan mendapati ikon SiakApp di C:\ berubah dengan tambahan icon rantai. Selamat anda sudah selesai. Jalankan Apache kembali. Ingat perubahan di C:\SiakApp sama dengan perubahan di D:\SiakApp, kedua folder ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

 

Selesai ::.

//---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Siak2DP4

(https://www.facebook.com/SuplemenSIAK)

Siak2DP4 adalah aplikasi pendamping SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) yang digunakan untuk membuat Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang bersumber dari database SIAK.

Fitur yang dimiliki adalah pembuatan DP4 baik, per desa/kelurahan, per kecamatan atau satu kabupaten/kota sekaligus. Pembuatan DP4 dapat dibatasi menurut usia tertentu dan atau dibatasi hanya untuk mereka yang menyandang cacat (digunakan untuk menghasilkan DP4 khusus pemilih pemula serta DP4 khusus pemilih cacat). Tersedia berbagai macam layout DP4, misalnya layout standar KPU, layout DP4 dimana pemilih pemula dicetak dengan tambahan highlight, layout DP4 yang memisahkan antara kolom tempat lahir dan tanggal lahir, dan layout-layout lainnya. DP4 dihasilkan dalam bentuk PDF (Adobe Acrobat), XLS (Microsoft Excel) serta XML (Excel Compatible).

Siak2DP4 menghasilkan laporan-laporan kependudukan sebagai berikut:

  1. 1. Laporan daftar pemilih diduga ganda. Kriteria ganda yang digunakan adalah kesamaan nama, jenis kelamin, nama ayah, nama ibu serta tempat lahir.
  2. 2. Laporan rekapitulasi jumlah data pemilih diduga ganda baik per kecamatan maupun per desa/kelurahan.
  3. 3. Laporan rekapitulasi jumlah penduduk baik per kecamatan maupun per desa/kelurahan.
  4. 4. Laporan rekapitulasi jumlah wajib KTP baik per kecamatan maupun per desa/kelurahan. Wajib KTP adalah seluruh penduduk yang pada tanggal pemilihan yang telah ditentukan telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau belum 17 (tujuh belas) tahun namun sudah atau pernah menikah.
  5. 5. Laporan rekapitulasi jumlah pemilih baik per kecamatan maupun per desa/kelurahan. Pemilih adalah seluruh penduduk yang pada tanggal pemilihan yang telah ditentukan telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau belum 17 (tujuh belas) tahun namun sudah atau pernah menikah dan tidak bekerja sebagai TNI/POLRI.
  6. 6. Laporan rekapitulasi jumlah pemilih pemula baik per kecamatan maupun per desa/kelurahan. Pemilih pemula adalah seluruh penduduk yang pada tanggal pemilihan yang telah ditentukan berumur 17 (tujuh belas) tahun dan tidak bekerja sebagai TNI/POLRI.
  7. 7. Laporan rekapitulasi jumlah pemilih cacat baik per kecamatan maupun per desa/kelurahan. Pemilih cacat adalah seluruh penduduk yang pada tanggal pemilihan yang telah ditentukan telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau belum 17 (tujuh belas) tahun namun sudah atau pernah menikah dan tidak bekerja sebagai TNI/POLRI serta memiliki cacat, baik cacat fisik, netra, rungu/wicara, mental/jiwa maupun fisik dan mental.

//---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Categories: ,

Leave a Reply