Instal SIAK 2.2 (Bagian 3 dari 4 tulisan)

 

Bagian 3 : Instalasi Oracle Lanjutan

OracleOraHome92TNSListener

The OracleOraHome92TNSListener service is only needed if the database will be accessed remotely (either from another host or locally via a SQL*Net network protocol). You can access local databases without this service.

Untuk membuat service OracleOraHome92TNSListener bukalah command prompt dan ketikkan baris berikut:

sc create OracleOraHome92TNSListener binPath= C:\oracle\ora92\BIN\TNSLSNR start= auto

Untuk menjalankan service ini masuklah ke console Services (Control Panel –> Administrative Tools –> Services atau Run –> services.msc), pilih service OracleOraHome92TNSListener lalu tekan Start. Cara lainnya adalah bukalah command prompt dan ketikkan baris berikut:

sc start OracleOraHome92TNSListener

tnsnames.ora

 

TNSNAMES.ORA is a SQL*Net configuration file that defines databases addresses for establishing connections to them. This file normally resides in the ORACLE HOME\NETWORK\ADMIN directory.

 
 
siak 2.2 siak siakdb siakoff

Untuk mendaftarkan database, langkah paling mudah adalah dengan membuka Enterprise Manager Console dari start menu. Karena belum pernah ada database yang telah didaftarkan sebelumnya, sebuah kotak dialog akan muncul. Isikan hostname dengan siak.depdagri.go.id lalu sid serta Net Service Name dengan siakdb. Tekan tombol OK. Cara lain yang dapat ditempuh adalah dengan mengedit file tnsnames.ora secara manual atau menggunakan Oracle Net Manager.

 

Membuat user siakoff

Untuk membuat user siakoff bukalah command prompt terlebih dahulu. Ketikkan sqlplus lalu tekan enter. Pada isian user-name isikan dengan sys as sysdba tekan enter lalu isikan password untuk user sys sebagaimana yang telah ditentukan saat pembuatan database siakdb. Setelah masuk copy-paste kan query di bawah ini. O********5 adalah password standar untuk user siakoff. Ubahlah password ini dengan password anda sendiri. Penggunaan kombinasi angka dan huruf tentunya lebih disarankan.

create user SIAKOFF identified by O********5 default tablespace SIAKDATA temporary tablespace TEMP;
grant DBA, connect, resource to siakoff;
alter user SIAKOFF quota unlimited on SIAKDATA;
alter user SIAKOFF quota unlimited on TEMP;

 siakoff siak 2.2 siak siakdb

Mengimpor dump file (.dmp)

Persiapkan dump file yang dibutuhkan.  Dump file yang saya gunakan saya beri nama siak2.2.DMP dan diletakkan di drive D:\DumpSiak2.2 bersama dengan file exp_siak2.2.d, sehingga pathnya adalah D:\DumpSiak2.2\siak2.2.DMP. Bukalah command prompt dan copy-paste kan perintah berikut. Gantilah o********5 dengan password yang ditentukan untuk user siakoff pada saat user siakoff diciptakan.

imp siakoff/o********5@siakdb file=D:\DumpSiak2.2\siak_2.2.dmp fromuser=siakoff touser=siakoff commit=y

imp dmp siakoff siak siakdb

Compile object

Sebuah skema memiliki banyak objek seperti tabel, index, view, stored procedure dan lain-lain. Beberapa objek ini hanya dapat berfungsi jika telah di-compile. Pada skema siakoff terdapat banyak objek yang harus di-compile ulang agar valid. Objek-objek ini adalah views, package bodies, procedures, functions.

Untuk meng-compile objek, gunakan Oracle Enterprise Manager Console. Buka Oracle Enterprise Manager dan login sebagai sys dengan connect as adalah sysdba(sebagai siakoff juga bisa).

compile object siak siakdb Buka item Schema dari daftar dan pilih SIAKOFF dan bukalah subitem Views. Klik header kolom Status untuk mengurutkan item berdasarkan valid dan tidaknya. Pilih semua item yang invalid lalu klik kanan dan pilihlah menu Compile Multiple Objects.

compile object siak siakdb

Lakukan hal yang sama terhadap functions dan procedures. Untuk dua objek ini lakukan beberapa kali sampai semua item valid. Hal ini perlu dilakukan karena beberapa prosedur bergantung satu sama lain dengan beberapa fungsi tertentu. Jangan kuatir jika menemukan lima item yang statusnya tetap invalid di Package Bodies karena saya juga mengalaminya :)

Categories:

Leave a Reply