Suplemen EKTP untuk inject data sIAK ke aFIS secara otomatis

 

Suplemen EKTP

suplemen ektp, inject siak afis, ektp, enrollmentSuplemen EKTP adalah aplikasi pendamping operasional perekaman EKTP (KTP Elektronik). Fitur yang ada pada Suplemen EKTP adalah pencarian data SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan), pencarian data AFIS (Automated Fingerprint Identification System), pencarian data perekaman EKTP, penghapusan data perekaman EKTP, transfer data SIAK ke AFIS, baik secara manual maupun otomatis, laporan daftar penduduk terekam, laporan rekapitulasi jumlah penduduk terekam serta laporan status pelaksanaan perekaman EKTP.
Laporan dikelompokkan berdasarkan operator perekaman, status perekaman, jam pelayanan serta desa/kelurahan. Laporan dapat dibuat berdasarkan waktu perekaman harian, bulanan, rentang waktu tertentu serta sejak awal perekaman EKTP dilakukan hingga saat laporan dibuat. Laporan dapat disimpan dalam bentuk file PDF (Adobe Acrobat), RTF (Microsoft Word), XLS (Microsoft Excel) serta JPEG (Image). Semua hasil pencarian data juga dapat disimpan dalam bentuk XLS (Microsoft Excel).

 

suplemen ektp, inject siak afis, ektp, enrollment

Cari Data Penduduk (SIAK)

Digunakan untuk melakukan pencarian data di SIAK. Pencarian dapat dilakukan berdasarkan nama, NIK, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, nama ayah, nama ibu, nomor kk, nomor kk (banyak), terbatas pada kecamatan tertentu serta terbatas pada desa tertentu. Pencarian data juga dapat dilakukan berdasarkan kombinasi dari dua atau lebih kategori-kategori tersebut.

 

Cari Data Penduduk (AFIS)

suplemen ektp, inject siak afis, ektp, enrollmentDigunakan untuk melakukan pencarian data di AFIS. Pencarian dapat dilakukan berdasarkan nama, NIK, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, nama ayah, nama ibu, nomor kk, nomor kk (banyak), terbatas pada kecamatan tertentu serta terbatas pada desa tertentu. Pencarian data juga dapat dilakukan berdasarkan kombinasi dari dua atau lebih kategori-kategori tersebut.

 

suplemen ektp, inject siak afis, ektp, enrollmentCari Data Enrollment

Digunakan untuk melakukan pencarian data penduduk yang telah melakukan perekaman EKTP. Pencarian dapat dilakukan berdasarkan nama, NIK, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, tanggal perekaman, status rekam, operator perekaman, nomor kk, nomor kk (banyak), terbatas pada kecamatan tertentu serta terbatas pada desa tertentu. Pencarian data juga dapat dilakukan berdasarkan kombinasi dari dua atau lebih kategori-kategori tersebut.

 

suplemen ektp, inject siak afis, ektp, enrollmentHapus Data Enrollment

Digunakan untuk melakukan penghapusan data penduduk yang telah melakukan perekaman EKTP. Penghapusan hanya dapat dilakukan untuk data yang status perekamannya sama dengan BIO_CAPTURED, artinya data masih belum dikirimkan ke Data Center di Jakarta.

Untuk menghapus data penduduk yang telah melakukan perekaman EKTP, masukkan NIK penduduk tersebut kemudian tekan tombol Cari. Tekan tombol Hapus data untuk menghapus data. Tekan tombol Cetak Biodata untuk mencetak biodata penduduk.

 

Transfer Data SIAK ke AFIS (Manual)

suplemen ektp, inject siak afis, ektp, enrollmentDigunakan untuk melakukan sinkronisasi data antara SIAK dan AFIS secara manual.

Untuk mentransfer data, masukkan NIK atau nomor KK yang hendak disinkronisasi. Untuk NIK lebih dari satu, centang pilihan NIK (banyak) lalu isikan kata kunci dengan dua atau lebih NIK yang dipisahkan dengan koma. Untuk KK lebih dari satu, centang pilihan Nomor KK (banyak) lalu isikan kata kunci dengan dua atau lebih nomor KK yang dipisahkan dengan koma. Setelah kata kunci dimasukkan, tekan tombol Cari penduduk dan tunggu hingga hasil yang diinginkan muncul. Data grid atas berisi daftar penduduk yang ditemukan di SIAK, sedangkan data grid bawah berisi daftar penduduk yang ditemukan di AFIS. Anda tentu saja

 

suplemen ektp, inject siak afis, ektp, enrollmentTransfer Data SIAK ke AFIS (Otomatis)

Digunakan untuk melakukan sinkronisasi data antara SIAK dan AFIS secara otomatis. Untuk memulai proses transfer data tekan tombol Aktifkan sedangkan untuk menghentikan proses transfer data tekan tombol Non-aktifkan.

Terdapat tiga status transfer, yaitu Tidak Aktif , Aktif, serta Idle (N menit). Tidak Aktif artinya proses transfer data sedang tidak berjalan. Aktif artinya proses transfer data sedang berjalan. Jumlah data yang berada dalam antrian transfer dapat dilihat di Jumlah data yang belum ditransfer. Ketika tidak ada data yang harus disinkronkan maka proses transfer memasuki fase idle, yaitu fase dimana aplikasi menunggu selama N menit sebelum membaca adakah data yang harus disinkronkan.

 

suplemen ektp, inject siak afis, ektp, enrollmentLaporan Daftar Penduduk Terekam

Digunakan untuk membuat laporan daftar penduduk yang telah melaksanakan perekaman EKTP. Laporan dapat dikelompokkan berdasarkan operator perekaman, status perekaman, jam pelayanan serta desa/kelurahan. Laporan dapat dibuat berdasarkan waktu perekaman harian, bulanan, rentang waktu tertentu serta sejak awal perekaman EKTP dilakukan hingga saat laporan dibuat.

Untuk membuat laporan pilih terlebih dahulu bagaimana data akan dikelompokkan. Kemudian pilih waktu perekaman yang dijadikan dasar pencarian data. Tekan tombol Cetak Daftar untuk menampilkan Preview dari laporan.

 

 

suplemen ektp, inject siak afis, ektp, enrollment

Laporan Rekapitulasi Jumlah Penduduk Terekam

Digunakan untuk membuat laporan rekapitulasi jumlah penduduk yang telah melaksanakan perekaman EKTP. Laporan dapat dikelompokkan berdasarkan operator perekaman, status perekaman, jam pelayanan serta desa/kelurahan. Laporan dapat dibuat berdasarkan waktu perekaman harian, bulanan, rentang waktu tertentu serta sejak awal perekaman EKTP dilakukan hingga saat laporan dibuat.

Untuk membuat laporan pilih terlebih dahulu bagaimana data akan dikelompokkan. Kemudian pilih waktu perekaman yang dijadikan dasar penghitungan jumlah data. Tekan tombol Cetak Daftar untuk menampilkan Preview dari laporan.

 

 

suplemen ektp, inject siak afis, ektp, enrollmentLaporan Status Pelaksanaan Enrollment

Digunakan untuk membuat laporan status pelaksanaan enrollment EKTP. Yang dimaksud dengan status pelaksanaan adalah jumlah dalam angka serta persentase dari total jumlah penduduk yang telah melaksanakan perekaman EKTP dibandingkan dengan jumlah wajib KTP per desa.

Laporan dapat dibuat berdasarkan waktu perekaman harian, bulanan, rentang waktu tertentu serta sejak awal perekaman EKTP dilakukan hingga saat laporan dibuat.

Untuk membuat laporan pilih terlebih dahulu bagaimana data akan dikelompokkan. Kemudian pilih waktu perekaman yang dijadikan dasar penghitungan jumlah data. Tekan tombol Cetak Daftar untuk menampilkan Preview dari laporan.

 

Diambil dari panduan pengguna Suplemen EKTP (https://www.facebook.com/SuplemenEktp)

6 Responses so far.

  1. Anonymous says:

    jika kecamatan sudah ada online ke kab/kota, sebenarnya tidak perlu dilakukan injeks data. bisa langsung konek ke db siak. ini sudah dilakukan di DKI.
    Salam Sukses

  2. amanyauna says:

    Benar pak, sayangnya tidak semua kondisi jaringan di Kabupaten/Kota seperti DKI. Di Wonogiri rata-rata bandwith dari kecamatan ke Dinas adalah 100 KB/detik dan tidak stabil. Sangat tidak mungkin jika enrollment mengacu langsung ke Database SIAK di Dinas, belum lagi kondisi jaringan SIAK di luar pulau Jawa.

    Sebenarnya ada jaringan yang sudah ada di seluruh Indonesia, yaitu jaringan internet. Mengapa Depdagri tidak membangun datacenter SIAK terpusat yang mampu diakses lewat internet? Tidak perlu membangun sendiri, kerja sama dengan pihak lain yang sudah terujipun bisa, misalnya Google. Akses KK dan KTP dilakukan darimanapun bisa. Otentifikasinya dapat menggunakan sistem token seperti internet banking. Dari pada membuang dana trilyunan untuk proyek yang masih tidak bisa diukur tingkat keberhasilannya, mending cara ini. Data ganda niscaya dapat diatasi, perpindahan penduduk mudah diterapkan, tidak ada kebingunan soal kode wilayah seperti yang dialamin teman-teman ADB. Database SIAKpun dapat dijadikan acuan untuk segala macam keperluan pemerintah; kesehatan, pendidikan, tunjangan sosial, terorisme dll.

  3. Anonymous says:

    Setuju jika intinya tidak menghamburkan duit negara.
    Kalo saya cermati pada awalnya terbentuknya siak(teknis). Saya melihat bahwa konsepnya adalah multi-tier(BEA dengan struts, ejb yang menjadi web server dan aplication server) yg mana di develop untuk online ke pusat. Tetapi pada saat perjalanan menjadi 2 versi
    1. siak online yang masih tersisa Kab. Majalengkan dan Kota Jambi.
    2. siak offline sebagai mayoritas.

    Pada point 2 :
    Mungkin pada saat itu infrastruktur di luar pulau jawa belum memadai dan high cost jaringan(anggaran tidak mencukupi atau tidak disetujui).

    Pelayanan Kependudukan bukanlah profit center, tidak seperti banking yg mana sanggup menjangkau desa-desa terdalam(tetap profit).

    ini pendapat saya.
    salam sukses

    *btw jadi member gmana bro....

  4. Anonymous says:

    ni SOPWER TRIAL / SHAREWARE / freeware

  5. ibx says:

    hnya skdr mau beli cabe di pasar tp yg dipakeeee mobil F1 kan pembooorooosan..coba pake cloud computing ..itu lah project ektp wkwkwk

Leave a Reply